Mau Liburan Keluarga di Bali? Yuk, ke Sanggraloka Farm

Hai, Sobat Keluyuran!
Cari tempat yang asyik buat liburan keluarga di Bali? Yuk kita ke seputaran Ubud mengunjungi Sanggraloka Farm, sebuah resto alam sekaligus tempat wisata keluarga yang cukup recommended.

Banyak yang bilang kalau liburan ke Bali tanpa ke pantai itu nggak kerasa Bali-nya. Padahal nggak juga loh, karena Bali itu memang paling lengkap mulai dari wisata alam pantai dan pegunungan, wisata budaya, wisata religi, arsitektur, dll. Nah, salah satu tujuan wisata alam dan kuliner yang menyenangkan adalah Sanggraloka Farm. Kalau Sobat Keluyuran cari tempat wisata buat keluarga, tempat ini pasti bakalan cocok.

Destinasi Liburan Keluarga di Bali: Resto Alam Sanggraloka Farm

Sanggraloka Farm beralamat di Jl. Raya Bresela, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Yang jelas nuansanya sudah Ubud banget. Buat yang ingin mencari ketenangan dan udara segar, tak akan salah untuk memilih Sanggraloka Farm.

Tempat ini sebenarnya restoran yang mengusung tema ‘nature experience’. Mulai dari aktivitas yang bisa dilakukan seperti menanam dan memetik sayur dan buah-buahan, menyusuri sungai, berenang di alam, juga menikmati sajian tradisional Bali.

Untuk menuju ke sana, jalannya cukup nyaman dan aman, meskipun lokasinya berada di daerah yang cukup “dalam” mblusuk, kalau kata orang Jawa. Tenang, jalanan di Bali ramah wisatawan meskipun tempatnya tidak berada di jalan utama. Bonus badan jadi lebih sehat kalau harus jalan kaki sembari mengisi ruang paru-paru dengan udara segar minim polusi.

Harga tiket masuk Sanggraloka Farm untuk wisatawan lokal pun terjangkau, IDR 35K untuk dewasa dan IDR 5K untuk anak-anak. Sedangkan untuk mengikuti berbagai aktivitas yang tersedia di sana, dikenakan biaya mulai IDR 10K. Gimana nggak terjangkau, ya kan?

aktivitas liburan keluarga di bali ke sanggraloka farm

One Stop Tourism Destination: Paket Lengkap!

Bisa dibilang semacam one stop tourism destination karena bisa melakukan berbagai aktivitas sekaligus menikmati hidangan yang tersedia di resto. Harga menu yang tersedia cukup terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah belum termasuk pajak. Kalau datangnya bareng keluarga bisa juga memilih menu paket dengan harga affordable juga.

Mau pilih menu tradisional Bali seperti ayam betutu, nasi campur Bali, sate lilit, dll tersedia. Ingin mencoba menu western pun ada. Hm, menarik bukan?
Sedangkan aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak dan keluarga, ada cooking class, mewarnai dan melukis, berenang, memberi makan hewan di mini zoo, menanam dan menyiram bibit, memetik sayur dan buah, bahkan ada playground dan ayunan. Hm… sehari di sana kira-kira cukup nggak ya?

Umumnya, kalau wisata keluarga apalagi bawa anak-anak memang nggak bisa ketat banget dengan itinerary yang sudah dibuat. Namanya juga bersama anak-anak, yang kadang emosi dan kondisinya tak tentu bisa berubah sewaktu-waktu. Meskipun dari rumah sudah di-briefing lengkap, dikondisikan sedemikian rupa, seringkali banyak hal terjadi di luar rencana.

Kalau ke Sanggraloka Farm, pastinya anak-anak punya tempat untuk berekspresi dengan bebas. Anak dengan kecerdasan konestetik yang menonjol akan sangat menikmati dengan berbagai aktivitas dan suasananya. Ssst! jangan biarkan mereka terlalu lama bermain di air, ya! Tahu sendiri kan, kalau di Ubud udaranya cukup dingin. Lalu jika ternyata belum puas eksplorasi di sana, bisa melanjutkan perjalanan ke Safari night Journey dan menginap di hotel halal Bali

Seru dan paket lengkap! Setidaknya, kata ini yang bisa menggambarkan liburan keluarga di Sanggraloka Farm.

Buat yang butuh healing (ehem, meskipun mungkin kurang tepat istilah ini), mungkin juga bakal cocok ke sini. Mendengar gemericik suara air sungai, kicauan burung, udara segar yang mengalun sepoi-sepoi, berjalan perlahan menyusuri jalanan setapak tanpa alas kaki, berenang di kolam renang yang menyatu dengan alam, “menyepi” di saung sambil menikmati suasana alam, lalu menikmati santapan menu tradisional Bali yang menyehatkan. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?

So, Sobat Keluyuran, kalau mau liburan keluarga ke Bali dan mengunjungi Sanggraloka Farm, sebaiknya datang lebih awal supaya bisa lebih leluasa dan lama menikmati suasana alamnya. Selain itu, kalau datang saat masih sepi pengunjung, bakal lebih leluasa untuk berfoto di berbagai tempat menariknya, bukan? Banyak banget spot foto menarik yang bakal bikin memori penyimpan gawai Sobat penuh.

Selamat keluyuran!

Kontributor & Foto: Mariana*
Editor: Arina Mabruroh

*Mariana, seorang traveler milenial berdomisili di Denpasar, Bali. Senang menjelajah berbagai tempat wisata baik wisata alam maupun wisata menarik lainnya. Bisa dikunjungi di IG @mariana.cik

Tinggalkan komentar