Let’s Recharging Soul at Air Terjun Sekumpul

Hai, Sobat Keluyuran! Pepatah “berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” agaknya cocok menggambarkan kesegaran dan pemandangan indah di Air Terjun Sekumpul, Buleleng Bali. Setelah melewati undak-undakan tinggi dan jalanan terjal dengan berjalan kaki, kelelahan itu akan terbayar dengan view memukau dan udara segar berlimpah. Penasaran bagaimana keseruan menuju Sekumpul Waterfall ini? Yuk, simak perjalanan Sobat Mariana.

Air Terjun Sekumpul, Pesona Alam yang Menyegarkan Jiwa

“Yang jelas, ini tuh tempat yang oke buat menyepi. Di sini kita bakalan dapat pesona alam yang menyegarkan!” ujar Sobat Mariana.

Nah, cocok banget kan, buat recharging soul alias ngecas jiwa dan raga. Hirup udara segar sepuasnya dan memanjakan mata dengan alam ciptaan Tuhan ibarat surga yang memukau.

Wisata alam air terjun Sekumpul dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Sekumpul, Bebetin, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Jika Sobat menuju ke sana dari Denpasar, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 70KM, atau 90 KM dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Cukup jauh, ya. Tetapi sebanding dengan keindahan yang didapat. Selain itu, bisa juga berkunjung ke tempat wisata lainnya seperti Danau Beratan Bedugul atau Danau Buyan dan Timbungan.

Harga tiket masuk perorangan cukup murah, hanya 10 ribu rupiah per orang dewasa, anak-anak gratis masuk. Harga tiket ini tentunya jika akan melakukan trip sendiri tanpa ditemani pemandu wisata. Untuk warga negara asing juga berlaku tiket khusus yang bisa langsung ditanyakan di loket tiket.

Sebaiknya, datang ke Sekumpul Waterfall menggunakan kendaraan roda dua, karena untuk menuju loket pun tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda 4. Praktis, jalanan yang dilewati sempit dan cukup terjal. Tenang, bagi yang membawa mobil atau tidak bawa motor, ada jasa ojek menuju loket dan juga persewaan sepeda motor. Mau ambil medium trip atau long trip paket lengkap termasuk sepeda motor pun tersedia. Asyik, kan?

“Nggak enaknya kalau ke sini harus naik-turun tangga yang curam dan panjang. Capek, Bestie! Kaki seperti mati rasa begitu sampai di parkiran motor. Anak tangga yang harus dilewati banyak banget. Turun dan curam,” lanjut Sobat Mariana.

“Setelah tangga habis, masih harus menyeberangi sungai terlebih dahulu sebelum melihat keindahan air terjun dan menikmati kesegaran percikan air dan udaranya,” sambung Sobat Mariana.

Hm, cocok banget buat Sobat Keluyuran yang doyan petualangan, nih! Untuk menuju loket sudah seru dan pasti akan disuguhi dengan keindahan alam pedesaan khas kabupaten Buleleng, ditambah lagi harus berjuang naik/turun tangga curam dan menyeberangi sungai.

Bisa dibilang ini adalah pengalaman tak terlupakan. lalu berakhir dengan recharge jiwa dengan pesona alam ciptaan Tuhan yang memukau nan memanjakan mata. Kebayang nggak sih segernya menikmati pemandangan vegetasi hutan yang hijau sejauh mata memandang, gemericik dan gemuruh air terjun yang terdengan dari kejauhan, kicau burung dan binatang kecil yang menemani langkah kaki, dan udara segar yang bisa dihirup sepuasnya. Pricelest!

air terjun sekumpul waterfall bali

Tips Berkunjung Ke Sekumpul Waterfall

Bagaimana, Sobat keluyuran tertarik untuk datang langsung menikmati kesegaran Air Terjun Sekumpul? Perhatikan hal-hal berikut ini, Sobat!
1. Gunakan sepeda roda dua alih-alih kendaraan roda 4 supaya tidak perlu lagi menyewa atau menggunakan jasa ojek. Tenang, untuk yang lebih memilih roda 4 menuju ke sana, bisa menghubungi pengelola BUMDesa Sekumpul untuk booking trip.
2. Pastikan kondisi badan benar-benar prima karena akan melakukan perjalanan cukup panjang dan track yang terjal
3. Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman untuk wisata alam. Disarankan menggunakan sandal gunung supaya tidak ribet saat menyeberangi sungai. Atau, gunakan sneakers supaya kaki aman
4. Perhatikan prakiraan cuaca, karena jika musim hujan, tangga dan jalur motor licin sehingga harus ekstra hati-hati
5. Pastikan membawa perlengkapan P3K karena lokasinya cukup jauh dari permukiman penduduk
Air Terjun Fiji

Selain mengunjungi air terjul Sekumpul, Sobat Keluyuran juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Fiji yang lokasinya berdekatan dengan sekumpul. Kurang lebih 10 menit berjalan kaki dari Sekumpul. Air terjun Fiji ini bisa terlihat dari anak tangga saat akan menuju Sekumpul. Lumayan nih, sambil jalan kaki pun bisa sejenak melepas lelah dengan menikmati pemandangan sekitar.

So, pastikan kondisi benar-benar prima untuk bisa menjelajahi kedua air terjun indah ini.

Semoga bermanfaat,

 

Kontributor: Mariana

Foto: Mariana* & IG richlandbali
Editor: Arina Mabruroh

*Mariana, seorang traveler milenial berdomisili di Denpasar, Bali. Senang menjelajah berbagai tempat wisata baik wisata alam maupun wisata menarik lainnya. Bisa dikunjungi di IG @mariana.cik

Tinggalkan komentar